Sabtu, 01 Juni 2013

Cara Mengatasi Kecanduan Rokok



Indonesia  tercatat sebagai salah satu negara yang mengkonsumsi rokok terbesar di dunia, hampir di semua lapisan masyarakat di negara ini, rokok sudah menjadi kebutuhan sehari-hari. Sebenarnya sebagian besar para perokok sudah tahu tentang akibat menghisap candu ini. 
Sedikit mengulas saja tentang rokok, bahwa didalam rokok ada 4.000 bahan kimia dan 400 racun yang berbahaya bagi tubuh manusia. Salah satu yang masuk ke dalam tubuh adalah nikotin yang masuk kedalam paru lalu ke otak. Penelitian membuktikan bahwa nikotin adalah suatu unsur yang dapat mengakibatkan ketagihan bagi para perokok sama seperti heroin dan kokain. Maka tak heran bagi perokok yang sudah menjadi candu susah untuk berhenti merokok.
Bagi perokok juga tidak hanya merugikan diri sendiri tapi juga lingkungan sekitar, seperti  keluarga baik istri dan anaknya. Selain itu, juga bagi orang lain yang tidak sengaja menghisap asap rokok  dari si pecandu. Memang di akui untuk berhenti dari kebiasaan merokok tidak mudah selain faktor lingkungan dan faktor pergaulan yang membuat si perokok jadi merasa kecanduan. Apalagi beberapa tahun belakangan ini para produsen rokok mengejar kaum hawa untuk ditarget selanjutnya.
Bagi para pecandu rokok yang ingin berhenti merokok ini ada cara jitu untuk menghentikan Anda berhenti merokok.
1. Harus diawali dari Niat.
Seorang perokok harus punya niat dulu untuk berhenti merokok. Jika si perokok tidak ada niat  untuk berhenti merokok  cara apapun tidak akan berhasil walaupun dengan seribu kali cara dan upaya. Sesuatu yang baik harus diawali dengan “NIAT” yang tulus untuk melakukannya.
2. Tujuan berhenti merokok
Jika Anda ingin berhenti dari kebiasaan merokok, Anda harus tahu tujuannya. Apakah itu karena dampak buruk yang dibawa oleh rokok, ingin terlihat lebih muda atau karena ingin melindungi keluarga dari asap rokok. Pilihlah alasan yang sangat kuat untuk bisa mengalahkan godaan merokok.
3. Lakukan terapi nikotin
Kita tahu yang namanya nikotin adalah zat yang membuat Anda ketagihan. Jadi, jika Anda berhenti merokok dan tubuh ini tidak menirima asupan dari zat ini, maka pengaruh zat ini bisa membuat Anda merasa frustrasi, depresi, gelisah atau marah. Dengan begitu terapi pengganti nikotin bisa membantu atasi masalah ini. Studi menunjukkan permen karet nikotin dan lozenges bisa bantu melipat gandakan peluang Anda untuk berhenti dari rokok, bila dilakukan secara intensif. Namun hati-hati, penggunaan produk seperti ini sambil merokok tidak dianjurkan.
4. Konsultasi ke dokter
Untuk mempermudah mengatasi kecanduan nikotin tanpa menggunakan produk yang mengandung nikotin, tanyakan pada dokter apakah ada pil yang boleh Anda konsumsi. Ada beberapa obat yang bantu mengurangi rasa lapar dengan memengaruhi zat kimia dalam otak. Obat itu juga akan membuat Anda terpuaskan walau hanya menghisap sedikit rokok saja. Ada juga beberapa obat lainnya yang mengurangi gejala nikotin seperti depresi dan ketidakmampuan berkonsentrasi.
5. Minta bantuan orang terdekat
Beritahu keluarga, teman dan rekan kerja bahwa Anda sedang berusaha untuk berhenti merokok. Bergabung dengan kelompok anti rokok atau berbicara dengan konselor juga bisa dijadikan salah satu alternatif. Dorongan mereka tentu memberikan peluang besar bagi Anda untuk segera menghentikan kebiasaan buruk ini.
6. Kontrol stres dengan benar
Salah satu alasan orang merokok adalah karena nikotin bisa membantu seseorang untuk lebih rileks. Setelah berhenti merokok, Anda harus menemukan cara lain untuk mengatasi stres, misalnya dengan dipijat, mendengarkan musik santai, atau mengikuti kelas yoga. Jika mungkin, sebaiknya hindari situasi stres pada minggu pertama ketika Anda mulai berhenti merokok.
7. Hindari alkohol dan pemicu merokok lainnya
Kegiatan tertentu dapat meningkatkan keinginan Anda untuk merokok. Alkohol merupakan salah satu pemicu paling umum, jadi cobalah untuk menguranginya. Jika kopi membuat Anda ingin merokok, beralihlah pada teh selama beberapa minggu. Dan jika Anda terbiasa merokok setelah makan, temukan cara lain untuk menghindarinya misalnya seperti mengunyah permen karet atau menyikat gigi.
8. Olahraga
Aktivitas fisik dapat membantu mengurangi kecanduan nikotin dan meringankan beberapa gejalanya. Bila keinginan merokok muncul, pakai sepatu olahraga Anda, dan lakukan jogging. Bahkah olahraga ringan seperti berjalan kaki ditemani hewan peliharaan, bersepeda atau berkebun juga memberikan manfaat yang berarti. Olahraga juga bisa bantu Anda menghindari kelebihan berat badan saat berhenti merokok.
9. Makan buah dan sayuran
Sebaiknya jangan lakukan diet saat Anda berusaha untuk berhenti merokok. Fokuslah untuk memakan lebih banyak buah, sayuran dan makanan rendah lemak. Menurut studi di Duke University, makanan-makanan ini membuat rokok terasa mengerikan.
10. Coba dan coba lagi
Gagal berhenti merupakan hal yang biasa. Banyak perokok yang harus mencoba beberapa kali sebelum akhirnya berhasil lepas dari kebiasaan buruk ini. Periksa keadaan emosi serta fisik yang membuat Anda menyerah. Gunakan sebagai kesempatan untuk kembali menegaskan komitmen untuk berhenti merokok.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar