Bumbu-Bumbu Dapur Obat Herbal Asam Urat

 


Sejuta Cerita_ Tidak hanya orang tua yang  berusia lanjut yang mengalami asam urat golongan usia muda seringkali sekali mengalami asam urat, dan jarang sekali mere tau bahwa bumbu2 masakan bisa jadi obat herbal untuk gejala asam urat. Penyakit yang juga lebih dikenal dengan sebutan gout ini kerap kali menyerang para orang tua dan kalangan muda.

Asam urat memang tergolong kronis dan disebabkan karena gangguan metabolisme.

Walaupun kini sudah banyak obat asam urat baik tradisional maupun generik, kamu tetap perlu berhati-hati ya. Ketika kadar asam urat berlebihan dalam tubuh dapat membentuk kristal monosodium urat. Tak hanya itu saja penyakit ini juga dapat menumpuk pada jaringan tubuh terutama pada bagian yang seringkali terasa sakit yaitu sendi.

Perlu kamu ketahui bahwa biasanya penumpukan kristal tersebut terjadi di sekitar persedian jari tangan maupun kaki. Bisa juga pada bagian tubuh lain seperti lutut, dan pergelangan tangan.

Sejuta Cerita merekomidasikan rempah dapur jadi obat herbal untuk penyakit asam urat salah satu nya:

1. Jahe

 Fungsi jahe ternyata bukan hanya sekedar sebagai bumbu dapur untuk makanan saja. Salah satu rempah ini juga bisa digunakan untuk mengobati asam urat.

Obat ini pun lebih mudah untuk kamu beli di berbagai supermarket maupun pasar tradisional.

Ketika kamu mengonsumsi jahe, rasa sakit pada bagian sendi yang disebabkan penyakit asam urat tersebut akan berkurang. Selain itu jahe juga dapat digunakan untuk memperlancar pernapasan serta pencernaan kamu.

Jahe bekerja membersihkan adanya tumpukan purin di bagian darah serta di bagian persendian.

Kamu bisa mengolah jahe tersebut menjadi sop atau bisa dikonsumsi secara langsung dengan membersihkannya terlebih dahulu.

2. Kayu Manis

Seperti dilansir situs Badan Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Kementerian Pertanian RI, kayu manis diyakini bisa menurunkan kadar asam urat di dalam darah. Jadi, gejala seperti rasa nyeri di persendian Anda akan berkurang dengan mengonsumsi seduhan air kayu manis.Untuk membuat obat herbal asam urat ini, bahan-bahan yang Anda butuhkan adalah:1. 1 ibu jari kayu manis2. 5 gram biji pala3. 5 butir kapulaga4. 5 butir cengkeh5. 10 butir merica6. 6 gram jahe merahSemua bahan tersebut kemudian direbus dengan 1.500 ml air hingga tersisa 500 ml saja. Seduahan air kayu manis asam urat tersebut kemudian disaring lagi dan ditambahkan 200 ml susu cair. Selanjutnya, Seduahan air kayu manis siap dikonsumsi.3. Daun Salam

Daun salam merupakan salah satu tanaman yang sering digunakan sebagai bumbu dapur yang menyedapkan makanan. Daun salam ternyata memiliki kandungan senyawa yang berfungsi sebagai anti peradangan sehingga bisa menjadi salah satu obat herbal asam urat.

Cara membuatnya cukup merebus 3 sampai 5 lembar daun salam dengan 3 gelas air. Air hasil rebusan diminum sebagai obat herbal asam urat.4. Kunyit

Bumbu dapur yang satu ini sering digunakan untuk berbagai macam jenis makanan khas Indonesia, yaitu kunyit. Kunyit juga sering digunakan sebagai pewarna alami pada makanan.

Menariknya, bumbu dapur ini memiliki berbagai macam manfaat bagi kesehatannya, salah satunya bermanfaat sebagai obat herbal asam urat.

Kunyit memiliki kandungan kurkumin yang dapat membantu mengatasi nyeri akibat asam urat. Kandungan kurkumin merupakan zat anti inflamasi yang sangat baik. Untuk menjadikan kunyit sebagai obat herbal asam urat bisa dengan cara mengonsumsi rebusan kunyit selagi masih hangat.

5. Bawang Merah

Bawang Merah merupakan bumbu yang pasti ada di rumah kamu. Bawang merah ternyata memiliki khasiat luar biasa untuk menyembuhkan asam urat.

Bawang merah mengandung senyawa Alliin yang berguna meredakan nyeri akibat peradangan asam urat. Nah berikut cara menyembuhkan asam urat dengan bawang merah 

Pertama Siapkan 3-4 siung bawang merah segar.
Kedua Cuci bersih dan kupas dari kulit terluarnya.
Ketiga Tumbuk halus bawang merah tersebut.
Keempat Oleskan semuah tumbukan bawang merah halus tersebut ke permukaan tubuh yang sendinya mengalami peradangan akibat penyakit asam urat.

Menggunakan bumbu dapur sebagai obat herbal asam urat sangat mudah. Selain murah, membuat obat herbal ini tidak memerlukan usaha yang terlalu banyak.

Apalagi bumbu di atas juga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

0 komentar:

Posting Komentar