Cara Alternatif Menghindari Kecanduan Kopi

 
Kopi adalah salah satu minuman peninggalan zaman belanda yang sangat di gemari oleh manusia di indonesia dan penjuru dunia. Di daerah Jawa minuman kopi sering di sebut dengan wedang kopi. Dalam keseharian rakyat Indonesia banyak yang menyajikan minuman kopi sebagai penyaji tamu ataupun untuk di konsumsi sendiri. Namun menurut berbagai sumber, mengkonsumsi wedang kopi saat begadang dengan porsi dan waktu yang keseringan akan menyebabkan dampak negatif bagi kesehatan. Berikut ini tips Cara Alternatif Menghindari Kecanduan Kopi.

Menghitung konsumsi kopi.
Sebagai contoh, hitung berapa cangkir atau gelas kopi yang Anda nikmati dalam sehari. Perlu di waspadai, bahwa kopi mengandung kafein yang tinggi dan bisa memberi efek buruk bagi kesehatan. Dengan menghitung konsumsi kopi, anda bisa membatasi diri untuk tidak minum secara berlebihan.

Minum Air putih.
Daripada mengkonsumsi kopi, alangkah baiknya jika minum air putih delapan gelas setiap hari. Selain menyehatkan, air putih memang lebih dianjurkan untuk diminum dalam jumlah banyak untuk memenuhi kebutuhan mineral tubuh kita.

Bikin Strategi.
Jika anda terlalu sering meminum kopi, sebaiknya anda mulai membuat strategi untuk mengurangi konsumsi kopi secara berkala. Dengan cara tersebut, sakit kepala yang anda alami akibat kecanduan kopi secara berkala akan mulai hilang.

Minum Teh.
Salah satu teh yang mirip dengan kopi yaitu Teh hitam, teh hitam ini mempunyai kandungan kafein yang sedikit di bandingkan dengan kopi. Mengkonsumsi teh ini bisa mengurangi kecanduan anda dari kopi. Selain teh hitam ada teh hijau dan teh putih yang bisa anda jadikan pilihan alternatif untuk menghindari kopi.

Ampas kopi.
Menghentikan ketergantungan akan mengkonsumsi kopi juga bisa Anda lakukan dengan mencicipi ampas kopi. Ketika anda merasakan pahitnya ampas kopi, maka anda akan berpikir ulang untuk menikmati kopi secara berlebihan.

Mengkonsumsi Jus.
Ada satu tips lagi sebagai menu pengganti kopi yaitu minum jus buah dan sayuran. Jus buah dan sayur jelas lebih segar, bergizi, dan baik bagi tubuh Anda. Tips ini sangat baik sebagai alternatif selain mengkonsumsi teh dan air putih.

Dukungan Dari Orang Sekitar.
Jika anda benar benar ingin berhenti mengkonsumsi kopi sebaiknya anda bergaul dengan orang-orang disekitar anda yang tidak ngopi. Hal ini akan berdampak positif karena anda tentunya akan mendapatkan dukungan dari mereka.
Nah itulah beberapa cara atau tips untuk mengurangi sekaligus menghindari diri anda dari kecanduan kopi. Semoga bermanfaat.

sumber dari http://sebarinfo45.com

0 komentar:

Posting Komentar